Mengatur Berkas Referensi

Tatkala sesuatu muncul di otak. Saya meletakkannya di inbox. Kemudian diproses menggunakan sistem GTD. Sehingga isinya terbagi kedalam berkas project, someday dan referensi.

Saya menggunakan alur yang berbeda untuk mengatur berkas referensi. Sehingga sistem GTD yang saya gunakan tidak hanya untuk mengatur todo. Tetapi untuk mengatur seluruh hidup saya.

Saya mengatur hal-hal yang masuk pada kategori referensi sedemikian sehingga saya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Prestasi apa saja yang telah dicapai sejak tahun x ?
  • Apa hal terbaik yang kamu lakukan hari ini ?
  • Berapa banyak hal yang telah dilakukan pada minggu kedua di bulan Agustus ?
  • Seberapa jauh otak mu berkembang ?
  • Apakah kamu memiliki ide yang luar biasa ?
  • Apa pendapatmu tentang x ?
  • Apa yang kamu lakukan pada hari x ?
  • dan seterusnya.

Saya berasumsi bahwa anda sudah memahami GTD. Hal yang ingin saya tekankan bahwa anda tidak harus memiliki komputer atau pun ponsel cerdas untuk mengimplementasikan sistem ini dalam hidup anda. Pahami konsepnya, kemudian implementasikanlah sesuai alur hidup anda. Tentu anda dapat menggunakan buku tulis untuk mengimplementasikan sistem ini.

Hal-hal yang tidak termasuk todo – masuk ke bagian referensi –. Saya bagi menjadi :

  • Wish
  • Success
  • Questions
  • Life-problems
  • Ideas
  • Hevents
  • Moments
  • Thought

Wish

Keinginan yang membutuhkan waktu panjang – terkadang tidak dapat diprediksi –. Saya letakkan di wish-long. Keinginan yang dapat saya capai dalam waktu pendek saya letakkan pada berkas wish-medium.

Success

Berkas Success berisi hal-hal yang saya lakukan dalam waktu satu hari. Pekerjaan seperti mencuci, membersihkan kamar tidak saya anggap sebagai sebuah “kesuksesan”.

Kesuksesan atomic yang diraih sehari-hari saya letakkan dalam berkas success-atom. Sedangkan kesuksesan yang tidak dicapai dalam hitungan hari, saya letakkan pada success-small. Kesuksesan besar saya letakkan di success-big.

Beberapa contohnya :

Success-atom

Success-small

Success-big

Dengan sistem success. Saya dapat mengukur tingkat produktivitas dalam hitungan hari, bulan maupun tahun. Berkas success-atom dapat merefleksikan seberapa produktif kita dalam hari-hari tertentu. Hal ini juga dapat membuat kita selalu bersyukur.

Seringkali saya merasa sedih. Merenungkan waktu-waktu yang dihabiskan secara sia-sia. Dengan adanya sistem success, kesedihan yang sering saya alami – karena merasa selalu tidak produktif – dapat dihindari. Melihat task yang telah diselesaikan pada hari-hari tertentu membuat kesedihan tersebut hilang. Semangat, rasa percaya diri dan rasa mencintai diri akan timbul ketika kita dapat mengukur bahwa kita sudah mengeluarkan usaha yang maksimal.

Question

Saya mengelola semua pertanyaan yang timbul di kepala. Hal ini dapat menjaga saya untuk selalu skeptis dan selalu mendorong diri untuk tau apa yang terjadi di belakang layar atau bagaimana sesuatu bekerja.

Dengan sistem ini, kita dapat mengukur tingkat ketajaman pertanyaan pada suatu bidang seiring berjalannya proses belajar.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibagi menjadi kategori-kategori tertentu. Anda dapat membuat kategori-kategori lain sesuai kesukaan anda.

Ask-code

Ask-GNU-other

Life-Problem

Ketika masalah menghantam dalam hidup. Saya menyadari kemampuan manusia yang nihil tanpa pertolongan Allah. Sehingga saya titipkan semua masalah pada Allah. Kemudian berusaha menyelesaikannya dengan usaha manusiawi.

Menuliskan masalah, membantu kita fokus kepada current task tanpa dihantui hal-hal lain. Tidak terganggu akan masalah-masalah di luar kendali.

Masalah-masalah yang terdokumentasikan dengan baik. Membuat kita memiliki “pohon-permasalahan“. Sehingga kita dapat bertemu keluarga dengan senyum merekah.

Ideas

Saya mendapatkan ide ketika mandi, melihat masalah di jalan, di kelas, dan lainnya. Semua ide tersebut dicatat dan didokumentasikan pada berkas ini.

Ide-ide yang ada nantinya dapat digunakan untuk memulai programming-project atau pun penelitian.

Hevent (Historical Events)

Saya menyukai sejarah. Peristiwa-peristiwa bersejarah yang dialami saya pribadi, keluarga maupun keluarga besar akan didokumentasikan pada berkas ini.

Berkas ini membantu kita menyampaikan apa yang telah diperjuangkan orang-orang terdahulu di dalam keluarga, mengingat jasanya dan membalas budi kepada ketuturan-keturunannya. Selain itu, berkas ini membantu keluarga lain yang lupa dalam mencatat peristiwa penting yang dialaminya. Berkas ini memuat hal-hal seperti kelahiran anak, pernikahan, kematian, perkumpulan keluarga, perjuangan dan seterusnya.

Moment

Saya berusaha untuk mensyukuri karunia-karunia yang telah Allah berikan kepada saya. Contoh kecilnya dikala saya mendapatkan traktiran, diberi harga murah oleh ibu penjual nasi atau pun mendapat sesuatu dari teman.

Salah satu contoh ketika mendapat rezeki dalam hal makanan. Saya merasa tidak efisien jika mendokumentasikannya dengan foto. Karena moment-moment tersebut akan terus muncul. Proses maintance-nya pun tidaklah mudah. Selain itu, foto-foto tersebut tidak memiliki manfaat bagi orang yang melihatnya, karena mudah didapatkan di internet. Sehingga mendokumentasikannya dengan narasi saya rasa lebih efisien.

Thought

Seringkali pemikiran-pemikiran akan suatu hal mencuat dalam otak. Baik ketika bercengkerama bersama teman, mandi, menyetir atau pun mendengarkan materi.

Pemikiran tersebut saya dokumentasikan dalam bentuk garis besar berupa komentar, pertanyaan atau pun pernyataan. Isi berkas tersebut nantinya akan ditindak lanjuti dengan penelitian yang kemudian menghasilkan essai, artikel atau bahkan buku.

Evaluation

Berkas Evaluation memuat kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan. Berkas tersebut dibagi menjadi evaluation-big dan evaluation-atom. Seperti pada berkas-berkas sebelumnya, *-atom menandakan bahwa isi didalamnya bersifat harian.

Berkas ini berhak mendapatkan waktu khusus untuk direnungi. Sebagai usaha agar kita menjadi pribadi yang selalu berbenah dan lebih baik.

Log

Log merupakan berkas yang mencatat rekaman perubahan sistem-sistem di atas. Perubahan-perubahan alur kerja (workflow), notasi atau kategori dalam sistem direkam pada berkas ini.

Dengan data log, kita dapat melihat bagaimana perjalanan hidup dalam mengatur sistem diri. Dimulai dengan sistem yang sederhana, mengalami perubahan-perubahan, hingga menjadi sistem seperti saat ini. Tentunya perubahan-perubahan tersebut juga merefleksikan bagaimana diri kita semakin terbentuk dan berkembang. Alhamdulillah.

Log Life

Log Machine

Penutup

Nama-nama berkas pada sistem di atas dapat anda ubah sesuka hati. Anda pun dapat menambah berkas-berkas baru sesuai dengan alur kehidupan anda.

Beberapa berkas di atas memiliki irisan satu sama lain. Salah satu contoh: Item dalam success-atom Memahami foo dalam bar” juga terdapat pada berkas ask Apa itu foo dalam bar ?”.

Saya menyukai perjalanan sejarah. Sehingga hampir semua item dalam berkas-berkas tersebut diurutkan berdasarkan waktu.

Catatan

  • Figur-figur di atas hanya sebagai contoh belaka. Tidak untuk dijadikan referensi maupun untuk berbangga diri.

Changelog

  • Initial publication : Saturday, April 7, 2018
Comments

So what do you think ? Leave your comments below.


Published

Category

Life, bahasa

Tags

Stay in Touch